Menghindari dua durhaka

11 09 2009

Alloh menciptakan dunia dan isinya dengan penuh keindahan. Dunia yang benar-benar menjadi penuh kenikmatan. Bersyukurlah manusia karena Alloh melimpahkan segala rahmatnya kepada semua mahkluk di dunia. Tak terkecuali itu hewan dan binatang, semua merasakan kenikmatan dari sang pencipta.

Sangatlah hina jika kita sebagai manusia yang diciptakan dengan akal dan budi ini, namun kita lupa untuk mensyukuri semua pemberiaNYA. Rasanya kita terlalu naïf jika mengatakan apa yang kita punya ini adalah karena keberhasilan kita. Itu salah, semua karena rahmat Alloh SWT yang telah di berikan kepada kita.

Ya bagaimana kita dikatakan bersyukur?? Lewat ucapan dan perbuatan. Lisan kita mengucapkan kalimat alhamdulillah dengan penuh ke ikhlasan . sedangkan perbuatan kita juga menciptakan wujud rasa syukur itu. Penafsiran yang mudah tentang rasa syukur. Namun itu menjadi tidak mudah jika kufur atas nikmat alloh.

Ada dua ancaman durhaka yang berhubungan tentang nikmat sebagai mahluk yang berakal budi.

  1. durhaka ilmu

di katakana durhaka ilmu jika kita manusia ini di beri anugrah yang begitu banyak oleh Alloh, di beri pikiran, di beri akal namun itu semua digunakan hanya untuk hal yang maksiat, hal yang bersifat lagwi [keduniaan semata].

Kita mencari ilmu namun kita tidak menyebarkanya dan tidak mengamalkanya. Itu sungguh perbuatan yang mendapat ancaman siksa dri Alloh. Kenapa? Karena alloh ingin manusia itu konsekuen antara lisan dengan hati dan perbuatan. Ya makanya kita harus beramal agar selamat.

Amalan apa yang paling di sukai alloh?? Sholat. Sholat adalah tiang agama dan amalan yang paling di sukai alloh. Tertib waktu, khusyu dalam beribadah, dan menjaga kesucian, niscaya insA dapat menyelamatkan diri kita dari durhaka ilmu.

  1. durhaka harta

manusia seringkali menyombongkan ini hartaku, ini semua miliku. Lupa bahwasanya semua yang ada di alam semesta ini hanya kuasa Alloh. Lah apa yang harus dilakukan manusia agar selamat dari ancaman durhaka harta?

Menginfaqkan sebagian harta kita di sabilillah maupun rajin bersedekah niscaya akan membuat hati kita selalu rendah hati, selalu merasa bersyukur atas nikmat Alloh dan tidak menyombongkan apa yang kita punyai sekarang.

Bersikap zuhud [tirakat] akan membuat hati menjadi tenang, menjadikan hati tidak tamak akan kekuasaan, tidak tamak akan harta. Tidak akan silau dengan gemerlap dunia. Menjadikan hati penuh rasa syukur terhadap sang pencipta


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: