Napoli 2-2 Milan

29 10 2009

Napoli – AC Milan membuang kesempatan meraih tiga poin dari lawatan ke Napoli. Unggul dua gol sejak menit-menit awal, gawang Rossoneri kebobolan dua kali di masa injury time.

Milan sepertinya akan melanjutkan tren kemenangan yang sudah diraih saat bertandang Stadion San Paolo, Kamis (29/10/2009) dinihari WIB. Hanya dalam tempo lima menit Rossoneri sudah unggul 2-0 lewat gol Filippo Inzaghi dan Alexandre Pato.

Memilih lebih banyak bertahan setelah unggul, plus kartu merah yang diterima Ignazio Abate akhirnya membatalkan kemenangan Diavolo Rosso. Dua gol penyama Napoli datang saat masa injury time lewat tendangan keras Germán Denis dan Luca Cigarini.

Tambahan satu poin mengantar Milan naik dua anak tangga ke posisi empat klasemen dengan nilai 16. Anak asuh Leonardo menyalip Fiorentina, yang pada laga lain kalah atas Genoa, dan Palermo yang baru akan bertanding dengan Inter Milan malam nanti.

Jalannya pertandingan

Tak seperti beberapa laga sebelumnya, Milan mengawali lawatan ke Napoli dengan penampilan meyakinkan. Memasang Filippo Inzaghi, Ronaldinho dan Alexandre Pato sebagai trisula lini depan, Rossoneri langsung menekan pertahanan tuan rumah.

Upaya tersebut membuahkan hasil dengan terciptanya gol saat laga baru berjalan dua menit. Lolos dari jebakan offside untuk mengejar umpan lob Clarence Seedorf tendangan kaki kiri Inzaghi bersarabg di gawang Napoli. Kiper Morgan De Sanctis sesungguhnya sempat menepis bola, namun itu tak mampu membelokkan arah si kulut bundar.

Milan hanya butuh tiga menit untuk menggandakan keunggulan. Mematahkan perangkap offside yang tidak terpasang dengan baik, Pato melakukan solo run hampir sepanjang setengah lapangan setelah dapat bola pantulan dari kepala Inzaghi. Striker Brasil itu mengubah skor menjadi 2-0 setelah dengan dingin memperdaya kiper Napoli.

Unggul dua gol, Milan mengendurkan serangannya. Ini dimanfaatkan Napoli untuk balik menekan. Sebuah peluang pun dimiliki Marek Hamsyik saat tendangannya dari sudut kanan kotak penalti ditepis ke luar lapangan dengan suah payah oleh Dida.

Di menit 23 gantian Fabio Quagliarella yang menebar ancaman. Namun sama seperti usaha Hamsik, sepakan striker berpapor Italia itu bisa diredam Dida. Di sisa babak pertama Milan nyaris tak punya kesempatan bersih memperbesar keunggulan. Lebih banyak bermain di lapangan tengah, Rossoneri lebih sering berada dalam tekanan.

Namun kondisi tersebut tak bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh tuan rumah. Hingga turun minum skor masih bertahan di angka 2-0.

Di awal babak kedua Dida membuat dua penyelamatan gemilang secara beruntun. Meski sukses memblok tendangan jarak jauh Lavezzi, bola hasil tepisannya masih bergulir di muka gawang, di mana Maggio langsung menyambarnya.

Dalam posisi belum sepenuhnya siap, Dida kembali menghadang laju bola yang mengarah ke dalam gawangnya. Maggio yang sepertinya sangat yakin akan bikin gol karena tinggal berhadapan dengan gawang kosong hanya bisa menyesali kegagalannya.

Kegemilangan kiper yang karirnya sempat dianggap habis itu tak berhenti sampai di situ. Beberapa menit berselang Dida menunjukkan performa yang lebih hebat lagi saat dia tiga kali seara beruntun menghadang gempuran lawan.

Upaya Walter Gargano menusuk kotak penalti dihentikan Dida di depan gawang. Namun rangkaian serangan Napoli tak berhenti karena bola jatuh ke kaki Lavezzi yang langsung mencungkil bola berupaya melewati Dida yang dalam posisi terduduk di rumput.

Entah bagaimana, Dida masih sempat mengangkat tangannya yang membuat bola kembali terpantul, kali ini ke kaki Hamsik. Sepakan keras gelandang Slovakia itu dari sudut sempit kembali diblok Dida dengan dadanya.

Tak banyak menyerang, Milan punya satu kesempatan untuk menyudahi perlawanan Napoli di menit 70. Berhasil melepaskan diri dari kawalan bek lawan, Pippo terlihat sukses memperdaya kiper De Sanctis, namun dari sudut sempit sepakan Pippo ke gawang yang kosong melayang tinggi.

Bencana buat Milan berawal saat Abate mendapat kartu kuning kedua di menit 86. Keunggulan jumlah pemain pun bisa dimanfaatkan tuan rumah untuk menyamakan kedudukan.

Skor berubah menjadi 2-1 di menit 92 saat Luca Cigarini melepaskan tendangan voli dari luar kotak penalti saat menyambar bola yang dibuang pemain Milan dari prosesi tendangan sudut. Kali ini Dida tak bisa berbuat banyak menyelamatkan gawangnya.

Tak sampai dua menit, gol kedua Napoli tercipta. Kali ini dari tandukan German Denis di tengah kotak penalti setelah mendapat bola umpan silang.

Susunan Pemain

Napoli: De Sanctis; Grava, Rinaudo, Campagnaro; Maggio, Pazienza (Cigarini 63), Gargano, Aronica; Lavezzi, Hamsik; Quagliarella (Denis 71)

Milan: Dida; Abate, Nesta (Kaladze 9), Thiago Silva, Zambrotta; Ambrosini, Pirlo, Seedorf; Pato, Inzaghi (Borriello 73), Ronaldinho (Flamini 61) ( din / nar )


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: