Tips Mencegah Batu Ginjal: Citrus Therapy, Hydrotherapy, and High Intake Fluid Therapy

18 02 2010

Ini yang aku dapatkan di kuliahnya dr. Bambang Djarwoto Sp.PD yang keren dengan panggilan Oom BJ (baca: Om BeJe, Dokter di bagian Penyakit Dalam RS. Dr. Sardjito, Yogyakarta) dan text book: “Pathophysiology: Clinical Concepts of Disease Processes” (Price & Wilson, 2002).

Batu ginjal terbentuk bila konsentrasi mineral atau garam dalam urin mencapai nilai yang memungkinkan terbentuknya kristal, yang akan mengendap pada tubulus ginjal atau ureter. Meningkatnya konsentrasi garam-garam ini disebabkan oleh adanya kelainan metabolisme atau pengaruh lingkungan.

Pada orang dewasa sehat, pH urine berkisar antara 4,5-8. Konsentrasi urine di bawah pH=4 disebut urine asam, dan yang diatas pH=8 disebut urin basa, dan ini adalah keadaan yang beresiko terhadap terbentuknya batu ginjal. Batu yang sering terbentuk dalam urin yang bersifat asam terdiri dari kalsium oksalat, kristal asam urat, atau sistin. Sementara pada urin yang bersifat basa terdiri atas kalsium fosfat atau magnesium amonium fosfat (batu tripel fosfat atau struvit)

Faktor Resiko Batu Ginjal:
1. Hiperkalsiuria
2. Hiperurikosuria
3. Hiperoksalouria
4. Rendahnya volume urine

Tips mencegah batu ginjal

Citrus Therapy (Terapi Jeruk Nipis)
Sebelum tidur, minum air jeruk nipis 2-3 sendok makan. Langkah ini dipercaya dapat mencegah batu ginjal yang berupa kalsium oksalat karena jeruk nipis mengandung sitrat yang tinggi.

Hydrotherapy (Terapi Air)
Setelah bangun tidur (sebelum subuh, kira-kira pukul 04.00 WIB) minum air putih sebanyak-banyaknya. Maka lebih kurang 1 jam kemudian, fase ekskresi urin akan berlangsung (secara otomatis akan timbul keinginan untuk buang air kecil). Dengan hydrotherapy ini, diharapkan cairan tubuh dengan cepat berganti dengan yang baru, sehingga segala zat buangan bersifat racun yang harusnya dikeluarkan bersama urin akan dikeluarkan secara cepat.

High Intake Fluid Therapy
Asupan cairan yang tinggi (2,5-3 liter/hari = 2 botol air mineral besar) dapat menghasilkan minimal 2 liter urin sehari. Separuh cairan tersebut hendaknya dalam bentuk air putih. Hal ini dapat mencegah terbentuknya berbagai jenis batu ginjal. Kebutuhan cairan bertambah dengan adanya kenaikan suhu pada lingkungan dan peningkatan aktivitas.

Selamat mencoba! di copy dari geasy


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: