Menembus Proxy Server

14 03 2011

Judulnya serem amat. Tulisan kali ini masih ada sambungannya dengan tulisan sebelumnya tentang Internet Policy di kantor. Tetapi saya tidak akan menjelaskan bagaimana caranya menembus proxy server layaknya seorang script kiddies maupun hacker (tahu bedanya khan?). Tetapi saya cuma memberitahukan cara yang lebih nyaman agar dapat browsing situs-situs yang diblok oleh proxy server.

1. Memakai Proxy Lain
Cara mengakali blokiran dari proxy server adalah menggunakan proxy lain. Di internet banyak sekali situs-situs yang menyediakan daftar alamat proxy, dari yang biasa sampai proxy yang anonymous. Silahkan googling dengan keyword seperti: free proxy, proxy list, dan lain-lain. Setelah mendapatkan daftar alamat proxy dan port-nya, pastikan port tersebut tidak diblok (biasanya menggunakan port 80, 8080, 3128). Cobain deh proxy tersebut dibrowser kesayangan Anda (entah kenapa Safari for Windows belum bisa menggunakan proxy).

Tetapi bagaimana kalau dikantor menggunakan transparent proxy? Bagi yang belum tahu transparent proxy maksudnya adalah semua request akan lewat proxy, tidak peduli seting di browser menggunakan proxy ataupun tidak. Hmm… kalau menggunakan transparan proxy sepertinya cara ini tidak bisa dipakai, harus menggunakan cara lain. Coba menggunakan cara kedua berikut ini.

2. Menggunakan Browser didalam Browser
Maksudnya apa sih? Ga jelas amat. Maksudnya adalah browsing menggunakan firefox/browser lain tetapi kita membuka situs yang merupakan browser juga (bingung khan?).  Jadi intinya kita membuka situs dimana situs tersebut mampu untuk membuka situs lain (jadi seperti situs makelar gitu). Contoh situs tersebut adalah:

Untuk situs-situs yang sejenis bisa Anda cari sendiri dengan keyword: Anonymous Web Proxy. Terus kalau semua situs itu diblok juga? Berarti Anda apes, kasian sekali.. :) Tetapi masih ada cara lain, coba yang nomer 3.

3.  Menggunakan Google Translate
Anda pasti seringkali menjumpai situs dalam bahasa selain bahasa Inggris. Kalau menggunakan bahasa Indonesia sih pasti bisa membaca, nah kalau bahasa Jepang/China? Tentunya tidak semua bisa membacanya. Dan ternyata Google mempunyai tools yang dapat membantu kesulitan Anda, yaitu menggunakan Google Translate.

Kegunaan lain dari google translate tersebut adalah mampu membuka situs yang kena blok. Coba saja masukkan situs yang kena blok dari kantor Anda ke dalam textbox (bagian translate web page) kemudian pilih bahasa sesuka Anda, klik Translate…. mudah-mudahan bisa terbuka. Menggunakan cara ini masih diblok juga? Mungkin sudah saatnya Anda langganan internet sendiri, jangan tergantung dengan internet kantor :)

Ini dulu kali ya… tulisan selanjutnya menyusul, mungkin tidak jauh-jauh juga dengan masalah bloking-blokingan (aris)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: